Pantai Laguna Ujung Lancang
Wisata Bahari yang sedang populer saat ini.
Pantai Way Hawang
Wisata Pantai, Taman Wisata Alam Way Hawang yang erat dengan kisah lama si Pahit Lidah....
Rapat Monev Tw II 2018
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Kaur, Bappeda Litbang Kaur menyelenggarakan Rapat Monitoring dan Evaluasi Pengendalian dan Pelaporan Pelaksanaan Kegiatan Kabupaten Kaur Triwulan II Tahun Anggaran 2018.....
Focus Group Discussion (FGD) Pengentasan Desa Tertinggal Kabupaten Kaur
Seminar Laporan Akhir Ripparkab Kaur
Demo pra Launching Aplikasi E-Government
Konsultasi Publik Review RPJMD Kaur
Ekspose Renja Tahun Anggaran 2019
Forum Perencanaan Percepatan Pembangunan Bengkulu (FP3B) Kabupaten Kaur 2018
Malam Ramah-tamah Pembukaan FP3B Kaur

Sinkronisasi DAK Fisik Dirjen Perimbangan Keuangan RI

BANDUNG, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Republik Indonesia (DJPK Kemenkeu RI) mengadakan Forum Sinkronisasi dan Harmonisasi Usulan DAK Fisik TA 2018 di  Tiingkat Provinsi, yang diadakan di HARRIS Hotel & Conventions Festival Citiy Link Bandung Jawa Barat. Acara ini dibuka dan dimulai oleh perwakilan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang berasal dari Provinsi Bengkulu, yaitu bapak H. Ahmad Kanedi, SH.MH.

Sejak tahun 2015, proses pengalokasian Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dilaksanakan dengan berdasarkan usulan dari pemerintah daerah (proposal based). Hal ini dimaksudkan untuk memastikan alokasi DAK fisik sesuai dengan kebutuhan daerah, sesuai dengan tujuan pemberian DAK fisik yaitu untuk membantu pemerintah daerah dalam penyediaan pelayanan publik dalam pencapaian prioritas pembangunan nasional. Proses pengalokasian DAK fisik dilakukan dengan berbasis pada usulan dari pemerintah daerah yang telah dilakukan melalui aplikasi e-planning yang dikelola oleh Bappenas.

Dalam rangka proses menyusun alokasi DAK fisik terdapat tahapan kegiatan sinkronisasi dan harmonisasi alokasi DAK fisik berupa kegiatan konfirmasi hasil penilaian sementara yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat kepada daerah untuk memastikan ketepatan alokasi DAK fisik sesuai kebutuhan daerah, maka dari itu DJPK Kemenkeu RI membangun sebuah aplikasi pengolahan data yang disebut SINKRON DAK FISIK yang menginduk di website DJPK Kemenkeu RI (web.djpk.kemenkeu.go.id).

Didalam kegiatan sinkronisasi ini, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) teknis di setiap provinsi/kabupaten/kota yang diundang akan mengkonfirmasi usulan DAK fisik yang telah dibuat dan dinilai oleh pemerintah pusat melalui helpdesk masing-masing kementerian terkait yang telah disediakan di area convention centre HARRIS Hotel. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan mempermudah pengolahan data dalam proses pembahasan sinkronisasi dan harmonisasi usulan DAK fisik, serta menjaga validitas dan akurasi data pengalokasian DAK fisik.

 

Add comment

Berilah komen yang positif, untuk Kaur yang Lebih Baik..


Security code
Refresh